Terkelin Brahmana Dianugerahi Piagam SP Online dari BPS Jakarta dan Gubsu

Penghargaan untuk Bupati Karo

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH memperoleh piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta, Dr Suhariyanto dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Penghargaan untuk Bupati Karo itu atas capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP Online). Mulai dari Februari hingga Mei 2020.

Kepala BPS Karo Yustinus Sembiring menyerahkan penghargaan kepada Terkelin Brahmana, Selasa (2/9/2020), bertempat ruang kerja bupati. Sementara Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi dan Timbul Sihombing (Kasi Sosial BPS Karo) ikut menyaksikan.

Menurut Kepala BPS Karo Yustinus Sembiring, capaian Kabupaten Karo pada Sensus Online 2020 adalah 57.034 orang. Dengan persentasi sebesar 13,35 persen dari target 10 persen.

Yustinus juga mengungkapkan, setelah sensus online, pihaknya tetap akan melanjutkan sensus manual. Artinya masih ada yang belum terakomodir. Maka mereka tetap melakukan sensus secara langsung dari rumah ke rumah, mulai September 2020.

“Pendataan ini dengan memberikan formulir isian dan tetap akan mengikuti protokol kesehatan saat Pandemi Covid-19. Dan petugas di lapangan diwajibkan memakai masker,” kata Yustinus.

Untuk itu, Yustinus memohon dukungan Pemerintah Kabupaten Karo untuk kesuksesan sensus secara langsung.

Apresiasi Bupati Karo

Sementara Bupati Karo mengapresiasi penghargaan tersebut. Ia juga menyambut baik rencana BPS untuk melakukan pendataan lebih lanjut dari rumah ke rumah.

“Terimakasih. Pemkab Karo telah melakukan sensus penduduk secara online. Dan telah mendata sebanyak 13,35 persen dari total jumlah penduduk Karo mencakup 14.806 keluarga. Atau 12,88 persen dari total keluarga di Karo,” urainya.

Patut disyukuri bahwa tingkat masyarakat Karo peduli dengan sensus penduduk itu cukup tinggi. Terbukti dengan persentase 13,35 persen dari target 10 persen sesuai ketentuan BPS, yang cukup signifikan selisihnya.

Bupati menambahkan, atas pencapaian prestasi tersebut, kunci utama adalah atas berkat partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam melakukan sensus online. Hal ini berujung mendapatkan penghargaan karena memperoleh persentasi target yang ada.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment